DESAIN PENGEMBANGAN RPP DENGAN METODE ASSURE
RENCANA PEMBELAJARAN DENGAN METODE ASSURE
Sekolah : SMPN 1 Sawahlunto
Mata Pelajaran :
Teknologi Informasi dan
Komunikasi
Kelas / Semester : VII / 1
Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran (3 x pertemuan)
Standar Kompetensi : 1. Memahami penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, dan
prospeknya di masa mendatang
Analyze Learner
Peserta :
-
Murid kelas VII Semester
1 SMPN 1 Sawahlunto
Prasyarat :
-
Siswa sudah
mengenal peralatan Teknologi Informasi an komunikasi
-
Siswa telah
menyelesaikan mata pelajaran sebelumnya
Gaya Belajar :
menggunakan metode diskusi, Tanya jawab dan pemberian tugas dalam kegiatan
belajarnya. Kegiatan belajarnya belum banyak prakteknya.
Kondisi sosial
budaya (kalau perlu) : didominasi oleh budaya local yaitu budaya Sawahlunto.
State Objectives
Kompetensi
Dasar : 1.
Mengidentifikasi berbagai
peralatan teknologi informasi dan komunikasi.
Indikator :
Memahami penggunaan telegraf, telepon,
faksmile, televisi, radio, telepon
bergerak, komputer dan Internet, dan peranan masing-masing dalam menyampaikan
informasi.
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa mampu mengidentifikasi berbagai peralatan teknologi telekomunikasi
- Siswa memahami karateristik dasar dan penggunakan teknologi telekomunikasi
- Siswa mengenal berbagai jenis komputer dan penggunaanya sebagai sebuah perangkat TIK
- Siswa mengenal Internet sebagai sebuah perangkat TIK
Select
Methods, Media and Materials
(1) model dan metode pembelajaran
a.
Model
Pembelajaran : Pembelajaran Langsung (D.J.)
Pembelajaran
Kooperatif (C.L.)
b.
Metode : Diskusi Kelompok
Debat
Game
(2).
Media
·
LCD, Komputer,
OHP (cadangan), White board (untuk menulis hasil tanyajawab)
(3).
Bahan Ajar
-
Bahan ajar yang
disediakan guru
-
Buku paket untuk
belajar siswa
Utilize
Media and Materials
(1).
Preview the Materials.
Guru mempersiapkan materi ajar dan mengecek
kembali file presentase yang akan diajarkan sesuai dengan urutan serta yakin
bahan-bahan tayangan telah lengkap
(2).
Prepare the Materials.
- mempersiapkan materi berupa handout, file
presentasi
- mempersiapkan spidol
- mengecek ulang dan siapkan kertas transparan
(3). Prepare Environment.
•
Mengecek seluruh peralatan (Komputer, LCD, OHP, Spidol, dll.) yang ada
di kelas sebelum memulai KBM, sesuai dengan kebutuhan selama KBM
•
Memberitahukan kepada petugas piket tentang adanya diskusi kelompok dan
mendiskusikan penataan ruangnya.
(4).
Prepare the Learners.
•
Memberikan rasa
nyaman pada peserta dengan pertanyaan ringan sebagai alat untuk memfokuskan
perhatian peserta
•
Menjelaskan
tujuan pembelajaran, memberikan handout, jelaskan agenda pembelajaran selama KBM
•
Membuat
kesepakatan, pembagian waktu dan Proses pembelajaran
(5).
Provide Learning Experience
- Sessi awal perkenalan
- presentasikan konsep-konsep
- ada kesempatan diskusi, sharing
- pengambilan keputusan yang dilakukan
oleh siswa dibawah bimbingan guru
Require
Learner Participation
Peserta belajar, diajak berpartisipasi
dengan
-
Menjawab
pertanyaan,
-
berpartisipasi
-
Diajak Menjawab
pertanyaan agar melibatkan seluruh peserta dalam pembelajaran
-
komunikasi 2 arah
-
umpan balik
a.
Instruktur/fasilitator
-
libatkan peserta
dalam pembelajaran
-
lakukan
komunikasi 2 arah
-
lakukan upaya
umpan bali
Evaluate and Revise
(1). Penilaian Belajar
Bentuk :
a.
tes
obyektif
b.
Essay
c.
menyimpulkan
materi pelajaran
(2). Bahan Ajar berupa hand out dari guru
Diminta tanggapan siswa tentang bahan ajar
yang telah diberikan oleh guru berupa hand out.
(3). Penilaian program /KBM
Siswa diminta untuk mengkoreksi kegiatan
belajar yang telah dilakukan.
RENCANA PEMBELAJARAN DENGAN METODE ASSURE
Sekolah : SMPN 1 Sawahlunto
Mata Pelajaran :
Teknologi Informasi dan
Komunikasi
Kelas / Semester : VII / 1
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran (2 x pertemuan)
Analyze Learner
Peserta :
-
Murid kelas VII Semester
1 SMPN 1 Sawahlunto
Prasyarat :
-
Siswa sudah
mengenal peralatan Teknologi Informasi an komunikasi
-
Siswa telah
menyelesaikan mata pelajaran sebelumnya
Gaya Belajar :
menggunakan metode diskusi, Tanya jawab dan pemberian tugas dalam kegiatan
belajarnya. Kegiatan belajarnya belum banyak prakteknya.
Kondisi sosial
budaya (kalau perlu) : didominasi oleh budaya local yaitu budaya Sawahlunto.
State Objectives
Kompetensi
Dasar : 1.2 Mendeskripsikan sejarah perkembangan
teknologi informasi dan
komunikasi dari masa lalu sampai
sekarang
Indikator :
- Menceritakan perkembangan teknologi komunikasi, telegraf, telepon, radio, televisi dan komputer.
- Memahami pengaruh kemajuan TIK terhadap cara manusia berkomunikasi
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa mengetahui berbagai cara komunikasi pada jaman prasejarah
- Siswa memahami perkembangan sejarah telegraf, telepon, radio dan televisi.
- Siswa memahami perkembangan sejarah komputer dan hal-hal yang mempengaruhinya.
Select
Methods, Media and Materials
(1) model dan metode pembelajaran
c.
Model
Pembelajaran : Pembelajaran Langsung (D.J.)
Pembelajaran
Kooperatif (C.L.)
d.
Metode : Diskusi Kelompok
(2).
Media
·
LCD, Komputer,
OHP (cadangan), White board (untuk menulis hasil tanyajawab)
(3).
Bahan Ajar
-
Bahan ajar yang
disediakan guru
-
Buku paket untuk
belajar siswa
Utilize
Media and Materials
(1).
Preview the Materials.
Guru mempersiapkan materi ajar dan mengecek
kembali file presentase yang akan diajarkan sesuai dengan urutan serta yakin
bahan-bahan tayangan telah lengkap
(2).
Prepare the Materials.
- mempersiapkan materi berupa handout, file
presentasi
- mempersiapkan spidol
- mengecek ulang dan siapkan kertas transparan
(3). Prepare Environment.
•
Mengecek seluruh peralatan (Komputer, LCD, OHP, Spidol, dll.) yang ada
di kelas sebelum memulai KBM, sesuai dengan kebutuhan selama KBM
•
Memberitahukan kepada petugas piket tentang adanya diskusi kelompok dan
mendiskusikan penataan ruangnya.
(4).
Prepare the Learners.
•
Memberikan rasa
nyaman pada peserta dengan pertanyaan ringan sebagai alat untuk memfokuskan
perhatian peserta
•
Menjelaskan
tujuan pembelajaran, memberikan handout, jelaskan agenda pembelajaran selama KBM
•
Membuat
kesepakatan, pembagian waktu dan Proses pembelajaran
(5).
Provide Learning Experience
- Sessi awal perkenalan
- presentasikan konsep-konsep
- ada kesempatan diskusi, sharing
- pengambilan keputusan yang dilakukan
oleh siswa dibawah bimbingan guru
Require
Learner Participation
Peserta belajar, diajak berpartisipasi
dengan
-
Menjawab
pertanyaan,
-
berpartisipasi
-
Diajak Menjawab
pertanyaan agar melibatkan seluruh peserta dalam pembelajaran
-
komunikasi 2 arah
-
umpan balik
b.
Instruktur/fasilitator
-
libatkan peserta
dalam pembelajaran
-
lakukan
komunikasi 2 arah
-
lakukan upaya
umpan bali
Evaluate and Revise
(1). Penilaian Belajar
Bentuk :
d.
tes
obyektif
e.
Essay
f.
menyimpulkan
materi pelajaran
(2). Bahan Ajar berupa hand out dari guru
Diminta tanggapan siswa tentang bahan ajar
yang telah diberikan oleh guru berupa hand out.
(3). Penilaian program /KBM
Siswa diminta untuk mengkoreksi kegiatan
belajar yang telah dilakukan.
RENCANA PEMBELAJARAN DENGAN METODE ASSURE
Sekolah : SMPN 1 Sawhlunto
Mata Pelajaran :
Teknologi Informasi dan
Komunikasi
Kelas / Semester : VII / 1
Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran (3 x pertemuan)
Analyze Learner
Peserta :
-
Murid kelas VII Semester
1 SMPN 1 Sawahlunto
Prasyarat :
-
Siswa sudah
mengenal peralatan Teknologi Informasi an komunikasi
-
Siswa telah
menyelesaikan mata pelajaran sebelumnya
Gaya Belajar :
menggunakan metode diskusi, Tanya jawab dan pemberian tugas dalam kegiatan
belajarnya. Kegiatan belajarnya belum banyak prakteknya.
Kondisi sosial
budaya (kalau perlu) : didominasi oleh budaya local yaitu budaya Batusangkar.
State Objectives
Kompetensi
Dasar :
1.3 Menjelaskan
peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari
1.4
Mengidentifikasi berbagai keuntungan dari penggunaan teknologi informasi dan
komunikasi
1.5
Mengidentifikasi berbagai dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi
dan komunikasi
Indikator :
1.
Menyebutkan contoh-contoh pemanfaatan TIK
2.
Menyebutkan keuntungan pemanfaatan TIK
3.
Menghargai hasil karya orang lain
4.
Memberi contoh hak cipta perangkat lunak
5.
Menerapkan tatacara menguntip/mengkopi hasil karya orang lain
6.
Menyebutkan berbagai contoh cybercrime
7.
Memahami bahaya penyebaran virus
8.
Memahami bahaya pornografi, perjudian dan penipuan sebagai dampak
penggunaan TIK
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa mampu mengidentifikasi pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam berbagai bidang dan keuntungan penggunaannya
2.
Siswa mampu
mengidentifikasi dampak buruk dari teknologi informasi dan komunikasi dan
bagaimana menghindarinya
Select
Methods, Media and Materials
(1) model dan metode pembelajaran
e.
Model
Pembelajaran : Pembelajaran Langsung (D.J.)
Pembelajaran
Kooperatif (C.L.)
f.
Metode : Diskusi Kelompok
Debat
(2).
Media
·
LCD, Komputer,
OHP (cadangan), White board (untuk menulis hasil tanyajawab)
(3).
Bahan Ajar
-
Bahan ajar yang
disediakan guru
-
Buku paket untuk
belajar siswa
Utilize
Media and Materials
(1).
Preview the Materials.
Guru mempersiapkan materi ajar dan mengecek
kembali file presentase yang akan diajarkan sesuai dengan urutan serta yakin
bahan-bahan tayangan telah lengkap
(2).
Prepare the Materials.
- mempersiapkan materi berupa handout, file
presentasi
- mempersiapkan spidol
- mengecek ulang dan siapkan kertas transparan
(3). Prepare Environment.
•
Mengecek seluruh peralatan (Komputer, LCD, OHP, Spidol, dll.) yang ada
di kelas sebelum memulai KBM, sesuai dengan kebutuhan selama KBM
•
Memberitahukan kepada petugas piket tentang adanya diskusi kelompok dan
mendiskusikan penataan ruangnya.
(4).
Prepare the Learners.
•
Memberikan rasa
nyaman pada peserta dengan pertanyaan ringan sebagai alat untuk memfokuskan
perhatian peserta
•
Menjelaskan
tujuan pembelajaran, memberikan handout, jelaskan agenda pembelajaran selama KBM
•
Membuat
kesepakatan, pembagian waktu dan Proses pembelajaran
(5).
Provide Learning Experience
- Sessi awal perkenalan
- presentasikan konsep-konsep
- ada kesempatan diskusi, sharing
- pengambilan keputusan yang dilakukan
oleh siswa dibawah bimbingan guru
Require
Learner Participation
Peserta belajar, diajak berpartisipasi
dengan
-
Menjawab
pertanyaan,
-
berpartisipasi
-
Diajak Menjawab
pertanyaan agar melibatkan seluruh peserta dalam pembelajaran
-
komunikasi 2 arah
-
umpan balik
c.
Instruktur/fasilitator
-
libatkan peserta
dalam pembelajaran
-
lakukan
komunikasi 2 arah
-
lakukan upaya
umpan bali
Evaluate and Revise
(1). Penilaian Belajar
Bentuk :
a.
tes
obyektif
b.
Essay
c.
menyimpulkan
materi pelajaran
(2). Bahan Ajar berupa hand out dari guru
Diminta tanggapan siswa tentang bahan ajar
yang telah diberikan oleh guru berupa hand out.
(3). Penilaian program /KBM
Siswa diminta untuk mengkoreksi kegiatan
belajar yang telah dilakukan.
RENCANA PEMBELAJARAN DENGAN METODE ASSURE
Sekolah : SMPN 1 Sawahlunto
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester : VII / 1
Alokasi Waktu : 16 jam pelajaran (8 x pertemuan)
2. Mengenal operasi dasar peralatan komputer
Analyze Learner
Peserta :
-
Murid kelas VII Semester
1 SMPN 1 Sawahlunto
Prasyarat :
-
Siswa sudah
mengenal peralatan Teknologi Informasi an komunikasi
-
Siswa telah
menyelesaikan mata pelajaran sebelumnya
Gaya Belajar :
menggunakan metode diskusi, Tanya jawab dan pemberian tugas dalam kegiatan
belajarnya. Kegiatan belajarnya belum banyak prakteknya.
Kondisi sosial
budaya (kalau perlu) : didominasi oleh budaya local yaitu budaya Sawahlunto.
State Objectives
Kompetensi Dasar : 2.1 Mengaktifkan komputer sesuai prosedur
2.2
Mematikan komputer sesuai prosedur
2.3
Melakukan operasi dasar pada operating system dengan sistematis
Indikator :
1)
Menunjukkan bagianbagian perangkat Teknologi Informasi dan Komunikas yang
sangat berbahaya bagi kesehatan dan keselamatan kerja
2)
Menghidupkan komputer sesuai prosedur
3)
Memperagakan posisi tubuh dan komputer sesuai K3
4)
Mendemonstrasikan prosedur Pengoperasian perangkat Teknologi Informasi dan
Komunikas
5)
Mendemonstrasikan cara mematikan komputer sesuai prosedur
6)
Menggunakan
sistem operasi (misalnya WindowsTM)
7)
Menjalankan satu
atau lebih program aplikasi
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa mengetahui pentingnya memperhatikan aspek K3 saat bekerja dengan komputer.
- Siswa mampu menerapkan prinsip-prinsip K3 saat bekrja dengan komputer.
- Siswa mampu menghubungkan perangkat-perangkat komputer.
- Siswa mampu menghidupkan komputer dengan prosedur yang benar.
- Siswa mampu mematikan komputer sesuai dengan prosedur.
- Siswa mengerti apa yang dimaksud dengan sistem operasi.
- Siswa mengetahui fungsi dari sebuah sistem operasi.
- Siswa mengenal berbagai sistem operasi yang ada saat ini dan mengetahui kelebihan dan kelemahannya.
- Siswa mampu melakukan berbagai pengaturan di desktop windows.
Select
Methods, Media and Materials
(1) model dan metode pembelajaran
g.
Model
Pembelajaran : Pembelajaran Langsung (D.J.)
Pembelajaran
Kooperatif (C.L.)
h.
Metode : Diskusi Kelompok
Praktikum
(2).
Media
·
LCD, Komputer,
OHP (cadangan), White board (untuk menulis hasil tanyajawab)
(3).
Bahan Ajar
-
Bahan ajar yang
disediakan guru
-
Buku paket untuk
belajar siswa
-
Computer sebagai
bahan praktikum
Utilize
Media and Materials
(1).
Preview the Materials.
Guru mempersiapkan materi ajar dan mengecek
kembali file presentase yang akan diajarkan sesuai dengan urutan serta yakin
bahan-bahan tayangan telah lengkap
(2).
Prepare the Materials.
- mempersiapkan materi berupa handout, file
presentasi
- mempersiapkan spidol
- mengecek ulang dan siapkan kertas transparan
(3). Prepare Environment.
•
Mengecek seluruh peralatan (Komputer, LCD, OHP, Spidol, dll.) yang ada
di kelas sebelum memulai KBM, sesuai dengan kebutuhan selama KBM
•
Memberitahukan kepada petugas piket tentang adanya diskusi kelompok dan
mendiskusikan penataan ruangnya.
(4).
Prepare the Learners.
•
Memberikan rasa
nyaman pada peserta dengan pertanyaan ringan sebagai alat untuk memfokuskan
perhatian peserta
•
Menjelaskan
tujuan pembelajaran, memberikan handout, jelaskan agenda pembelajaran selama KBM
•
Membuat
kesepakatan, pembagian waktu dan Proses pembelajaran
(5).
Provide Learning Experience
- Sessi awal perkenalan
- presentasikan konsep-konsep
- ada kesempatan diskusi, sharing
- pengambilan keputusan yang dilakukan
oleh siswa dibawah bimbingan guru
Require
Learner Participation
Peserta belajar, diajak berpartisipasi
dengan
-
Menjawab
pertanyaan,
-
berpartisipasi
-
Diajak Menjawab
pertanyaan agar melibatkan seluruh peserta dalam pembelajaran
-
komunikasi 2 arah
-
umpan balik
d.
Instruktur/fasilitator
-
libatkan peserta
dalam pembelajaran
-
lakukan
komunikasi 2 arah
-
lakukan upaya
umpan bali
Evaluate and Revise
(1). Penilaian Belajar
- Teknik penilaian
a.
Tes tertulis
b.
Pengamatan
kinerja diskusi
c.
Kinerja saat
praktikum.
- Bentuk instrumen
a.
isian singkat
b.
Daftar penilaian saat diskusi
(2). Bahan Ajar berupa hand out dari guru
Diminta tanggapan siswa tentang bahan ajar
yang telah diberikan oleh guru berupa hand out.
(3). Penilaian program /KBM
Siswa diminta untuk mengkoreksi kegiatan
belajar yang telah dilakukan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar