SELAMAT DATANG DI UCHIFAJRIANITA.BLOGSPOT.COM

RPP ASURRE

DESAIN PENGEMBANGAN RPP DENGAN METODE ASSURE
RENCANA PEMBELAJARAN DENGAN METODE ASSURE

                                  Sekolah                         : SMPN 1 Sawahlunto
                                  Mata Pelajaran             : Teknologi Informasi dan Komunikasi
                                  Kelas / Semester           : VII / 1
                                  Alokasi Waktu               : 6 jam pelajaran (3 x pertemuan)

Standar Kompetensi : 1. Memahami penggunaan  teknologi informasi dan komunikasi, dan prospeknya di masa mendatang

Analyze Learner
Peserta :
-       Murid kelas VII Semester 1 SMPN 1 Sawahlunto

Prasyarat :
-       Siswa sudah mengenal peralatan Teknologi Informasi an komunikasi
-       Siswa telah menyelesaikan mata pelajaran sebelumnya

Gaya Belajar : menggunakan metode diskusi, Tanya jawab dan pemberian tugas dalam kegiatan belajarnya. Kegiatan belajarnya belum banyak prakteknya.

Kondisi sosial budaya (kalau perlu) : didominasi oleh budaya local yaitu budaya Sawahlunto.

State Objectives
Kompetensi Dasar  : 1. Mengidentifikasi berbagai peralatan teknologi informasi dan  komunikasi.

Indikator :                               
Memahami penggunaan telegraf, telepon, faksmile, televisi,     radio, telepon bergerak, komputer dan Internet, dan peranan masing-masing dalam menyampaikan informasi.
Tujuan Pembelajaran
  1. Siswa mampu mengidentifikasi berbagai peralatan teknologi telekomunikasi
  2. Siswa memahami karateristik dasar  dan penggunakan teknologi telekomunikasi
  3. Siswa mengenal berbagai jenis komputer dan penggunaanya sebagai sebuah perangkat TIK
  4. Siswa mengenal Internet sebagai sebuah perangkat TIK

Select Methods, Media and Materials
(1) model dan metode pembelajaran
a.      Model Pembelajaran :  Pembelajaran Langsung (D.J.)
                                            Pembelajaran Kooperatif (C.L.)

b.      Metode                      :  Diskusi Kelompok
                                            Debat
                                            Game
 (2).  Media
·         LCD, Komputer, OHP (cadangan), White board (untuk menulis hasil tanyajawab)

(3).  Bahan Ajar
-   Bahan ajar yang disediakan guru
-   Buku paket untuk belajar siswa

Utilize Media and Materials
(1).  Preview the Materials.
Guru mempersiapkan materi ajar dan mengecek kembali file presentase yang akan diajarkan sesuai dengan urutan serta yakin bahan-bahan tayangan telah lengkap

(2).  Prepare the Materials.
- mempersiapkan materi berupa handout, file presentasi
- mempersiapkan spidol
- mengecek ulang dan siapkan kertas transparan

(3).  Prepare Environment.
         Mengecek seluruh peralatan (Komputer, LCD, OHP, Spidol, dll.) yang ada di kelas sebelum memulai KBM, sesuai dengan kebutuhan selama KBM
         Memberitahukan kepada petugas piket tentang adanya diskusi kelompok dan mendiskusikan penataan ruangnya.

(4).  Prepare the Learners.
         Memberikan rasa nyaman pada peserta dengan pertanyaan ringan sebagai alat untuk memfokuskan perhatian peserta
         Menjelaskan tujuan pembelajaran, memberikan handout, jelaskan   agenda pembelajaran selama KBM
         Membuat kesepakatan, pembagian waktu dan Proses pembelajaran

(5).  Provide Learning Experience
-       Sessi awal perkenalan
-       presentasikan konsep-konsep
-       ada kesempatan diskusi, sharing
-       pengambilan keputusan yang dilakukan oleh siswa dibawah bimbingan guru

Require Learner Participation 
Peserta belajar, diajak berpartisipasi dengan
-       Menjawab pertanyaan,
-       berpartisipasi
-       Diajak Menjawab pertanyaan agar melibatkan seluruh peserta dalam pembelajaran
-       komunikasi 2 arah
-       umpan balik

a.      Instruktur/fasilitator
-       libatkan peserta dalam pembelajaran
-       lakukan komunikasi 2 arah
-       lakukan upaya umpan bali

Evaluate and Revise
(1).  Penilaian Belajar
       Bentuk :
a.      tes obyektif
b.      Essay
c.       menyimpulkan materi pelajaran

(2).  Bahan Ajar berupa hand out dari guru
Diminta tanggapan siswa tentang bahan ajar yang telah diberikan oleh guru berupa hand out.

(3).  Penilaian program /KBM
       Siswa diminta untuk mengkoreksi kegiatan belajar yang telah dilakukan.

RENCANA PEMBELAJARAN DENGAN METODE ASSURE

                                  Sekolah                         : SMPN 1 Sawahlunto
                                  Mata Pelajaran             : Teknologi Informasi dan Komunikasi
                                  Kelas / Semester           : VII / 1
                                  Alokasi Waktu               : 4 jam pelajaran (2 x pertemuan)


Analyze Learner
Peserta :
-       Murid kelas VII Semester 1 SMPN 1 Sawahlunto

Prasyarat :
-       Siswa sudah mengenal peralatan Teknologi Informasi an komunikasi
-       Siswa telah menyelesaikan mata pelajaran sebelumnya

Gaya Belajar : menggunakan metode diskusi, Tanya jawab dan pemberian tugas dalam kegiatan belajarnya. Kegiatan belajarnya belum banyak prakteknya.

Kondisi sosial budaya (kalau perlu) : didominasi oleh budaya local yaitu budaya Sawahlunto.

State Objectives
Kompetensi Dasar  : 1.2  Mendeskripsikan sejarah perkembangan  teknologi informasi dan  komunikasi dari masa lalu sampai  sekarang

Indikator          :          
  1. Menceritakan perkembangan teknologi komunikasi, telegraf, telepon, radio, televisi dan komputer.
  2. Memahami pengaruh kemajuan TIK terhadap cara manusia berkomunikasi

Tujuan Pembelajaran
  1. Siswa mengetahui berbagai cara komunikasi pada jaman prasejarah
  2. Siswa memahami perkembangan sejarah telegraf, telepon, radio dan televisi.
  3. Siswa memahami perkembangan sejarah komputer dan hal-hal yang mempengaruhinya.

Select Methods, Media and Materials
(1) model dan metode pembelajaran
c.       Model Pembelajaran :  Pembelajaran Langsung (D.J.)
                                            Pembelajaran Kooperatif (C.L.)
d.      Metode                      :  Diskusi Kelompok
                                             
 (2).  Media
·         LCD, Komputer, OHP (cadangan), White board (untuk menulis hasil tanyajawab)

(3).  Bahan Ajar
-   Bahan ajar yang disediakan guru
-   Buku paket untuk belajar siswa


Utilize Media and Materials
(1).  Preview the Materials.
Guru mempersiapkan materi ajar dan mengecek kembali file presentase yang akan diajarkan sesuai dengan urutan serta yakin bahan-bahan tayangan telah lengkap

(2).  Prepare the Materials.
- mempersiapkan materi berupa handout, file presentasi
- mempersiapkan spidol
- mengecek ulang dan siapkan kertas transparan

(3).  Prepare Environment.
         Mengecek seluruh peralatan (Komputer, LCD, OHP, Spidol, dll.) yang ada di kelas sebelum memulai KBM, sesuai dengan kebutuhan selama KBM
         Memberitahukan kepada petugas piket tentang adanya diskusi kelompok dan mendiskusikan penataan ruangnya.

(4).  Prepare the Learners.
         Memberikan rasa nyaman pada peserta dengan pertanyaan ringan sebagai alat untuk memfokuskan perhatian peserta
         Menjelaskan tujuan pembelajaran, memberikan handout, jelaskan   agenda pembelajaran selama KBM
         Membuat kesepakatan, pembagian waktu dan Proses pembelajaran

(5).  Provide Learning Experience
-       Sessi awal perkenalan
-       presentasikan konsep-konsep
-       ada kesempatan diskusi, sharing
-       pengambilan keputusan yang dilakukan oleh siswa dibawah bimbingan guru

Require Learner Participation 
Peserta belajar, diajak berpartisipasi dengan
-       Menjawab pertanyaan,
-       berpartisipasi
-       Diajak Menjawab pertanyaan agar melibatkan seluruh peserta dalam pembelajaran
-       komunikasi 2 arah
-       umpan balik



b.      Instruktur/fasilitator
-       libatkan peserta dalam pembelajaran
-       lakukan komunikasi 2 arah
-       lakukan upaya umpan bali

Evaluate and Revise
(1).  Penilaian Belajar
       Bentuk :
d.      tes obyektif
e.      Essay
f.        menyimpulkan materi pelajaran

(2).  Bahan Ajar berupa hand out dari guru
Diminta tanggapan siswa tentang bahan ajar yang telah diberikan oleh guru berupa hand out.

(3).  Penilaian program /KBM
       Siswa diminta untuk mengkoreksi kegiatan belajar yang telah dilakukan.


RENCANA PEMBELAJARAN DENGAN METODE ASSURE

                                  Sekolah                         : SMPN 1 Sawhlunto
                                  Mata Pelajaran             : Teknologi Informasi dan Komunikasi
                                  Kelas / Semester           : VII / 1
                                  Alokasi Waktu               : 6 jam pelajaran (3 x pertemuan)


Analyze Learner
Peserta :
-       Murid kelas VII Semester 1 SMPN 1 Sawahlunto

Prasyarat :
-       Siswa sudah mengenal peralatan Teknologi Informasi an komunikasi
-       Siswa telah menyelesaikan mata pelajaran sebelumnya

Gaya Belajar : menggunakan metode diskusi, Tanya jawab dan pemberian tugas dalam kegiatan belajarnya. Kegiatan belajarnya belum banyak prakteknya.

Kondisi sosial budaya (kalau perlu) : didominasi oleh budaya local yaitu budaya Batusangkar.

State Objectives
Kompetensi Dasar  :
1.3 Menjelaskan peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari
1.4 Mengidentifikasi berbagai keuntungan dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
1.5 Mengidentifikasi berbagai dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi

Indikator          :          
1.      Menyebutkan contoh-contoh pemanfaatan TIK
2.      Menyebutkan keuntungan pemanfaatan TIK
3.      Menghargai hasil karya orang lain
4.      Memberi contoh hak cipta perangkat lunak
5.      Menerapkan tatacara menguntip/mengkopi hasil karya orang lain
6.      Menyebutkan berbagai contoh cybercrime
7.      Memahami bahaya penyebaran virus
8.      Memahami bahaya pornografi, perjudian dan penipuan sebagai dampak penggunaan TIK
Tujuan Pembelajaran
  1. Siswa mampu mengidentifikasi pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam berbagai bidang dan keuntungan penggunaannya
2.      Siswa mampu mengidentifikasi dampak buruk dari teknologi informasi dan komunikasi dan bagaimana menghindarinya

Select Methods, Media and Materials
(1) model dan metode pembelajaran
e.      Model Pembelajaran :  Pembelajaran Langsung (D.J.)
                                            Pembelajaran Kooperatif (C.L.)
f.        Metode                      :  Diskusi Kelompok
                                             Debat
 (2).  Media
·         LCD, Komputer, OHP (cadangan), White board (untuk menulis hasil tanyajawab)

(3).  Bahan Ajar
-   Bahan ajar yang disediakan guru
-   Buku paket untuk belajar siswa

Utilize Media and Materials
(1).  Preview the Materials.
Guru mempersiapkan materi ajar dan mengecek kembali file presentase yang akan diajarkan sesuai dengan urutan serta yakin bahan-bahan tayangan telah lengkap

(2).  Prepare the Materials.
- mempersiapkan materi berupa handout, file presentasi
- mempersiapkan spidol
- mengecek ulang dan siapkan kertas transparan

(3).  Prepare Environment.
         Mengecek seluruh peralatan (Komputer, LCD, OHP, Spidol, dll.) yang ada di kelas sebelum memulai KBM, sesuai dengan kebutuhan selama KBM
         Memberitahukan kepada petugas piket tentang adanya diskusi kelompok dan mendiskusikan penataan ruangnya.

(4).  Prepare the Learners.
         Memberikan rasa nyaman pada peserta dengan pertanyaan ringan sebagai alat untuk memfokuskan perhatian peserta
         Menjelaskan tujuan pembelajaran, memberikan handout, jelaskan   agenda pembelajaran selama KBM
         Membuat kesepakatan, pembagian waktu dan Proses pembelajaran

(5).  Provide Learning Experience
-       Sessi awal perkenalan
-       presentasikan konsep-konsep
-       ada kesempatan diskusi, sharing
-       pengambilan keputusan yang dilakukan oleh siswa dibawah bimbingan guru


Require Learner Participation 
Peserta belajar, diajak berpartisipasi dengan
-       Menjawab pertanyaan,
-       berpartisipasi
-       Diajak Menjawab pertanyaan agar melibatkan seluruh peserta dalam pembelajaran
-       komunikasi 2 arah
-       umpan balik

c.       Instruktur/fasilitator
-       libatkan peserta dalam pembelajaran
-       lakukan komunikasi 2 arah
-       lakukan upaya umpan bali

Evaluate and Revise
(1).  Penilaian Belajar
       Bentuk :
a.      tes obyektif
b.      Essay
c.       menyimpulkan materi pelajaran

(2).  Bahan Ajar berupa hand out dari guru
Diminta tanggapan siswa tentang bahan ajar yang telah diberikan oleh guru berupa hand out.

(3).  Penilaian program /KBM
       Siswa diminta untuk mengkoreksi kegiatan belajar yang telah dilakukan.








RENCANA PEMBELAJARAN DENGAN METODE ASSURE

                                  Sekolah                         : SMPN 1 Sawahlunto
                                  Mata Pelajaran             : Teknologi Informasi dan Komunikasi
                                  Kelas / Semester           : VII / 1
                                  Alokasi Waktu               : 16 jam pelajaran (8 x pertemuan)

2. Mengenal operasi dasar peralatan komputer

Analyze Learner
Peserta :
-       Murid kelas VII Semester 1 SMPN 1 Sawahlunto

Prasyarat :
-       Siswa sudah mengenal peralatan Teknologi Informasi an komunikasi
-       Siswa telah menyelesaikan mata pelajaran sebelumnya

Gaya Belajar : menggunakan metode diskusi, Tanya jawab dan pemberian tugas dalam kegiatan belajarnya. Kegiatan belajarnya belum banyak prakteknya.

Kondisi sosial budaya (kalau perlu) : didominasi oleh budaya local yaitu budaya Sawahlunto.

State Objectives
Kompetensi Dasar  :    2.1 Mengaktifkan komputer sesuai prosedur
                                    2.2 Mematikan komputer sesuai prosedur
                                    2.3 Melakukan operasi dasar pada operating system dengan sistematis
Indikator          :          
1)      Menunjukkan bagianbagian perangkat Teknologi Informasi dan Komunikas yang sangat berbahaya bagi kesehatan dan keselamatan kerja
2)      Menghidupkan komputer sesuai prosedur
3)      Memperagakan posisi tubuh dan komputer sesuai K3
4)      Mendemonstrasikan prosedur Pengoperasian perangkat Teknologi Informasi dan Komunikas
5)      Mendemonstrasikan cara mematikan komputer sesuai prosedur
6)      Menggunakan sistem operasi (misalnya WindowsTM)
7)      Menjalankan satu atau lebih program aplikasi

Tujuan Pembelajaran
  1. Siswa mengetahui pentingnya memperhatikan aspek K3 saat bekerja dengan komputer.
  2. Siswa mampu menerapkan prinsip-prinsip K3 saat bekrja dengan komputer.
  3. Siswa mampu menghubungkan perangkat-perangkat komputer.
  4. Siswa mampu menghidupkan komputer dengan prosedur yang benar.
  5. Siswa mampu mematikan komputer sesuai dengan prosedur.
  6. Siswa mengerti apa yang dimaksud dengan sistem operasi.
  7. Siswa mengetahui fungsi dari sebuah sistem operasi.
  8. Siswa mengenal berbagai sistem operasi yang ada saat ini dan mengetahui kelebihan dan kelemahannya.
  9. Siswa mampu melakukan berbagai pengaturan di desktop windows.


Select Methods, Media and Materials
(1) model dan metode pembelajaran
g.      Model Pembelajaran :  Pembelajaran Langsung (D.J.)
                                            Pembelajaran Kooperatif (C.L.)
h.      Metode                      :  Diskusi Kelompok
                                             Praktikum
 (2).  Media
·         LCD, Komputer, OHP (cadangan), White board (untuk menulis hasil tanyajawab)

(3).  Bahan Ajar
-   Bahan ajar yang disediakan guru
-   Buku paket untuk belajar siswa
-   Computer sebagai bahan praktikum

Utilize Media and Materials
(1).  Preview the Materials.
Guru mempersiapkan materi ajar dan mengecek kembali file presentase yang akan diajarkan sesuai dengan urutan serta yakin bahan-bahan tayangan telah lengkap

(2).  Prepare the Materials.
- mempersiapkan materi berupa handout, file presentasi
- mempersiapkan spidol
- mengecek ulang dan siapkan kertas transparan

(3).  Prepare Environment.
         Mengecek seluruh peralatan (Komputer, LCD, OHP, Spidol, dll.) yang ada di kelas sebelum memulai KBM, sesuai dengan kebutuhan selama KBM
         Memberitahukan kepada petugas piket tentang adanya diskusi kelompok dan mendiskusikan penataan ruangnya.

(4).  Prepare the Learners.
         Memberikan rasa nyaman pada peserta dengan pertanyaan ringan sebagai alat untuk memfokuskan perhatian peserta
         Menjelaskan tujuan pembelajaran, memberikan handout, jelaskan   agenda pembelajaran selama KBM
         Membuat kesepakatan, pembagian waktu dan Proses pembelajaran


(5).  Provide Learning Experience
-       Sessi awal perkenalan
-       presentasikan konsep-konsep
-       ada kesempatan diskusi, sharing
-       pengambilan keputusan yang dilakukan oleh siswa dibawah bimbingan guru

Require Learner Participation 
Peserta belajar, diajak berpartisipasi dengan
-       Menjawab pertanyaan,
-       berpartisipasi
-       Diajak Menjawab pertanyaan agar melibatkan seluruh peserta dalam pembelajaran
-       komunikasi 2 arah
-       umpan balik

d.      Instruktur/fasilitator
-       libatkan peserta dalam pembelajaran
-       lakukan komunikasi 2 arah
-       lakukan upaya umpan bali

Evaluate and Revise
(1).  Penilaian Belajar
  1. Teknik penilaian
a.      Tes tertulis
b.      Pengamatan kinerja diskusi
c.       Kinerja saat praktikum.
  1. Bentuk instrumen
a.      isian singkat
b.      Daftar penilaian saat diskusi

(2).  Bahan Ajar berupa hand out dari guru
Diminta tanggapan siswa tentang bahan ajar yang telah diberikan oleh guru berupa hand out.

(3).  Penilaian program /KBM
       Siswa diminta untuk mengkoreksi kegiatan belajar yang telah dilakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar